Rabu, 09 Januari 2019

Bagaimana kita menemukan ide tulisan untuk blog kita?

Bagaimana kita menemukan ide tulisan untuk blog kita?

Assalamualaikum sobat BS, salam ngeblog dan jangan lupa bahagia.
Kali ini kita belajar tentang cara menemukan ide tulisan untuk blog kita.

Menurut saya Ide adalah suatu hal yang paling sering digunakan untuk alasan oleh para blogger, ketika mereka yang tidak bisa membuat postingan kandan mereka juga bilang kita harus menulis apa? sedangkan tidak mempunyai ide.

Alasan alasan seperti itu menurut saya adalah alasan yang di buat-buat. Karena sebenarnya ide itu bisa kita dapatkan dari mana saja. Tinggal kita sendiri niat atau tidak dan mau mencoba dan berusaha.
Bahkan kata Dewi lestari " ide itu seperti aliran sungai yang mengalir dialam bawah sadar kita,kita hanya perlu berhenti sejenak untuk turun ke sana dan mengambil sereguk duareguk dari aliran sungai itu".

Lantas bagaimana cara menemukan ide tulisan untuk blog kita? Yap disini saya akan mentransfer pengalaman saya dan versi penerapan pada blog saya sendiri, langsung saja sobat simak cekidot

Dari aktivitas kita sehari-hari
1. Bekerja
Mungkin dapat ide dari provesi pekerjaan sobat atau curhatan temannya, kita  bisa ambil ide dari hal itu
2. Media sosial
Seperti Facebook, Instagram, tuwiter dll yang lagi ngetren atau viral di bicarakan, itu juga bisa kita ambil ide nya
3. Nonton televisi
Entah itu berita, senetron, kartun itu juga bisa kita ambil Ide nya
4. buku yang kita baca
Buku novel,komik, pelajaran dll
5. Travel / jalan jalan/ wisata
Dan masih banyak lagi aktivitas kita sehari-hari yang bisa dijadikan suatu ide untuk kita tulis, tinggal kita pintar atau peka memanfaatkan lingkungan di sekitarnya kita.

Cuma mungkin para sobat problem nya itu pada saat mau ngembangin ide atau menangkap kepekaan ide ide tersebut.
Nah saya akan mencoba berbagai tips yang saya terapkan pada blog saya sendiri. Biasanya saya menangkap ide itu saya cata pada buku dan semartphone.

Saya mencatat ide itu sekelebat semacam judul, kira kira judulnya apa? Ide dasarnya apa? Biasanya saya tambahkan catatan catatan pendek yang nantinya akan saya kembangkan.

Jadi ide ide yang tertangkap sudah di catat dulu nanti kisi kisinya seperti apa nanti pada saat santai bisa dikembangkan menjadi tulisan yang utuh.


Kesimpulan, jadi manfaatkan aktivitas kita sehari-hari, dan tulis ide yang sudah tertangkap lalu kembangin.

Motivasi, kata Bob Sadino Kemauan harus dilandasi dengan tekad yang bulat, dan harus berani dalam mengambil peluang yang ada.

Terimakasih sudah berkunjung di gubuk saya. Semoga artikel ini bermanfaat dan memotivasi sobat BS semua, jangan lupa bahagia sekian terimakasih.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan dan bijak